Kamis, 01 November 2012

Cara Set Mikrotik Auto Flush DNS

dns mikrotik
Cara Seting Mikrotik agar dapat Auto Flush DNS akan kita kupas dibawah ini, perlu diketahui bahwa mikrotik mempunyai kemampuan bukan hanya sebagai router tetapi juga sebagai DNS server, dimana semua request DNS dari Client Computer menuju mikrotik akan segera diterjemahkan olehnya menuju ke public.

Jika DNS untuk client request contohnya http://www.yahoo.com maka akan diterjemahkan menuju ke public ip server yang dituju. Jika DNS tersebut sudah ter-cache maka akan segera diterjemahkan, namun terkadang ada perubahan public ip yang dituju maka Mikrotik harus mampu Resolve.

Nah untuk mempercepat resolve maka DNS cache tersebut segera di Flush.

Dengan RB750 warnet ciputih memanfaatkan kemampuan mikrotik ini dengan Auto DNS Flush dengan mikrotik script seperti dibawah ini.

Buka New terminal pada winbox, dan selanjutnya:

/system script add name="dns_flush" policy="ftp,reboot,read,write,policy,test,winbox,password,sniff,sensitive" source="/ip dns cache flush" 

Nah selanjutnya atur script tersebut kapan dia akan kita aktifkan, jika warnet ciputih saya seting dengan per interval 1 jam akan me-running DNS flush. Caranya:

/system scheduler add name="dns_flush" policy="ftp,reboot,read,write,policy,test,winbox,password,sniff,sensitive" on-event="dns_flush" interval="1h" start-date="nov/01/2012" start-time="00:00:00"

Selesai deh..
Gampangkan.. semoga berhasil